Konsultasi Permasalahan Keluarga dan Memberi Solusinya Secara Islami

Bismillah..

Yaa ikhwah fiyllah wa akhowati fyllah rohimakumulloh..

Marilah kita snantiasa bertaqwa, bersyukur kepada Alloh Azza wa Jalla.

Dan marilah kita sadari dan mengakui bahwa dalam diri kita ini bercokol ribuan bahkan jutaan dosa dan kesalahan, yang dengannya hendaknya hati dan jiwa kita bergetar merinding melihat tumpukan dosa yg menggunung itu.  Karena seorang mukmin tatkala melihat dosa dosanya adalah sebagaimana dia melihat dirinya dibawah bukit yg menggunung yg siap akan meruntuhinya sehingga dia sangat khawatir dlm keadaan spt itu, dan berbeda dengan seorang ahli maksiyat dia melihat dosa dosanya yg menggunung seperti melihat lalat yg menempel di hidungnya sehingga setelah dia pukul dengan jarinya maka pergilah lalat itu. Nah dmikianlah gambaran dosa dosa menurut pandangan orang yg beruntung dengan orang yg merugi.

Untuk itu marilah kita ketahui sebab sebab yg bisa menghapus catatan-catatan kelam, yaitu amalan-amalan yg masih bisa kita lakukan untuk mengurangi  tumpukan dosa dosa yg dahulu pernah kita perbuat, antara lain:

1. Tauhid yg bersih dari syirik dan kotoran lainya.

Alloh Subhanahu wa ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, dan dia mengampuni dosa yang selain syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya.(Q.S Annisa:116)

Alloh juga berfirman dalam hadits qudsi: “Wahai anak adam, jika engkau mendatangiKu membawa dosa sebesar bumi kemudian engkau menemuiKu dalam keadaan tidak berbuat syirik terhadapKu, sungguh Aku akan mendatangimu dengan ampunan sebesar itu pula”.(H.R. Attirmidzi dari anas bin Malik)

 

2. Taubat dan Istighfar.

Alloh Azza wa Jalla berfirman:

“kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang. “(Al Furqon:70)

Rosululloh Sholallohu’alaihi wassallam bersabda: “Demi Dzat yg jiwaku berada di tanganNya, kalau saja kalian tidak berbuat dosa, sungguh Alloh Azza wa Jalla akan membinasakan kalian dan mendatangkan kaum lainnya yg  mereka berbuat dosa kemudian mereka memohon ampun kepada Alloh Azza wa Jalla dan Diapun mengampuni mereka”. (H.R. Muslim dari Abu Hurairoh rodliyallohu’anhu)

 

3. Amalan-amalan kebaikan seperti sholat, puasa, sedekah dan lain lain.

Alloh subhanahu wata’al berfirman : “Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.”(Q.S Hud:114)

Rosululloh sholallohu’alaihi wassallam bersabda:” Di antara sholat lima waktu, sholat jum’at ke jum’at berikutnya, dan puasa Romadhon ke bulan romadhon berikutnya, akan menjadi penghapus dosa-dosa diantaranya selama dosa-dosa besar dijauhi.” (H.R Muslim dari Abu Hurairoh rodliyallohu’anhu)

4. Menutupi Aurot atau kejelekan saudaranya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang menutupi kejelekan (aib) seorang muslim maka Allah ta’ala akan menutupi kejelekan (aib) nya.” (HR. Muslim)

Beliau juga bersabda: “Barang siapa yang menutupi aurat (aib) saudaranya (muslim) maka Allah ta’ala akan menutupi aurat (aib) nya pada hari kiamat.” (HR. Ibnu Majah)

Pandanglah sedikit kesalahan saudaramu, maka Allah ta’ala akan memandang sedikit pula kesalahan mu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang memandang sedikit kesalahan seorang muslim maka Allah ta’ala akan memandang sedikit kesalahannya.” (HR. Abu Dawud)

 

Semoga dengan kita melaksanakan hal hal di atas  Alloh Azza wa Jalla menghapuskan ‘amalan amalan yg  jelek pada timbangan amalan yg buruk kita. “Ya Alloh…tutupilah aurat, kejelekan kejelekan kami, dan berilah rasa aman dari seluruh rasa takut kami.”

Wallohua’lam bisshowab.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda; Dan Silahkan Masukkan Komentar / Pertanyaan Anda Disini : Perhatikan adab berikut! Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya: “Sesungguhnya Allah meridhai kalian pada tiga perkara dan membenci kalian pada tiga perkara pula. Allah meridhai kalian bila kalian: (1) Hanya beribadah kepada Allah semata, (2) Dan tidak mempersekutukan-Nya, (3) Serta berpegang teguh pada tali (agama) Allah seluruhnya, dan janganlah kalian berpecah belah Dan Allah membenci kalian bila kalian: (1) Suka qiila wa qaala (berkata tanpa dasar), (2) Banyak bertanya (yang tidak berfaedah), (3) Menyia-nyiakan harta” (HR. Muslim no. 1715) Admin paviliyunkeluarga.wordpress.com berhak untuk tidak memunculkan komentar yang tidak sesuai dengan adab di atas. Perlu anda ketahui: Komentar yang anda kirimkan akan dimoderasi oleh admin terlebih dahulu. Komentar anda yang muncul setelah klik tombol "KIRIM" hanyalah sekedar preview yang hanya muncul di komputer yang anda pakai, namun sebenarnya belum muncul

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: