Konsultasi Permasalahan Keluarga dan Memberi Solusinya Secara Islami

 TANYA JAWAB

TENTANG KETAATAN PADA PENGUASA SEPUTAR HISAB DAN RU’YATUL HILAL

Ustadz Abu Mundzir Al-Ghifary

Ada Pertanyaan dari salah satu ikhwah berkaitan dgn hisab ru’yah dan ketaatan kepada penguasa muslim,

Pertanyaanya adalah:

1. di saat sekarang, adakah umat muslim punya kepemimpinan seperti masa khilafah islam dulu?

2. kalo misalnya, ketaatan sekarang diberikan kepada penguasa muslim setempat, bgmna dgn muslim di indonesia? sbgmn kita ketahui indonesia dip…impin oleh presiden? adakah presiden bisa dikatakan sebagai kepemimpinan muslim yg harus ditaati?

3. jabatan presiden di indonesia, maaf sy melihatnya kok hanya sebagai jabatan profesi/ pekerjaan semata.masih jauh dari yg dinamakan jabatan/ amanah kepemimpinan umat.belum lagi kalo melihat hukum dan sistem yang berlaku di negeri ini.

3. masalah sidang yg dilakukan depag dlm penentuan 1 syawal kemarin, sempat ada saksi yg melihat awal bulan tapi tidak disepakati oleh sidang dan sidang tetap dengan pendapatnya dan mekanismenya sendiri sehingga diputuskan 1 syawal tanggal 31 agustus, masih bisakah dikatakan sesuai syar’i?

4. umat muslim memang diwajibkan taat pada pemimpinnya (penguasa) sepanjang pemimpin tsb dlm ketaatan kpd Allah dan rasulNya. Bgmn kalo misalnya sang penguasa dlm 1 kasus berlaku tidak taat kepada Allah dan rasulnya kemudian dlm kasus tersebut menghasilkan kebijakan/ keputusan yg otomatis tdk mentaati Allah dan rasulnya, apakah umat yg dipimpinnya masih diharuskan untuk taat juga dlm kasus tersebut?

mohon penjelasannya dan terima kasih sebelumnya.

salam

Jawaban:

1. Bismillah kalau yg antum maksud kepemimpinan spt masa khulafa’urrosyidiin JELAS BERBEDA, karena Rosululloh telah menyatakannya dlm banyak hadits ttg keutamaan para sahabat drpd manusia yg lainya. Khoirunnaasi qorni..

Nah tentu berbeda dalam sgala aspek, akan tetapi jika pemimpin dlm suatu negeri adalah MUSLIM dan diangkat oleh rakyatnya scara sah, maka dia diterima dan wajib ditaati selama tdk dlm hal hal yg maksiyat.

2. Presiden atau apa saja namanya itu tdk ada nash yg melarang dan mencabutnya dari kita taat padanya selama dia tetap sholat dan tetap MUSLIM yg memimpin kaum muslimin.

Rosululloh bersabda: “Akan ada speninggalku nanti para imam/penguasa yg mereka itu tidak berpegang dengan PETUNJUKKU/ATURAN2KU, dan tidak mengikuti CARAKU/JALANKU. Dan akan ada diantara para penguasa tsb orang orang yg berhati SETAN namun berbadan manusia” “hendaklah engkau mendengar dan menaati penguasa tsb walaupun punggungmu dicambuk dan hartamu dirampas olehnya, maka DENGARKANLAH PERINTAHNYA DAN TAATILAH DIA” (H.R MUSLIM dari Hudzaifah bin al yaman)

3. Itu adalah wewnang pemerintah dlm upaya utk berijtihad sesuai dgn kemampuanya, bila salah dia dpt 1 pahala dan bila benar 2 pahala.

Masalah penentuan syahr adalah urusan pemerintah/penguasa kaum muslimin BUKAN sendiri sendiri. Rosululloh bersabda: “Shoum itu di hari kalian (umat ISLAM) bershoum, waktu berbuka adalah pada saat kalian berbuka dan waktu berkurba / iedul adha di hari kalian berkurban”.(Hadits huroiroh )

Pendapat Imam Empat (Imam abu hanifah, imam malik, imam syafi’I dan imam ahmad) adalah menggunakan ru’yatul hilal BUKAN dengan ilmu hisab.

Imam ahmad bin hambal berkata:”Seseorang hendaknya bershoum bersama penguasa dan jamaah mayoritas umat Islam, baik ketika cuaca cerah ataupun mendung. Beliau juga berkata “Tangan Alloh Azza wa Jalla bersama AL JAMAAH”. (Majmu’ Fatawa)

Imam Tirmidzi berkata: “Sesungguhnya shoum dan berbukanya itu dilaksanakan bersama ALJAMAAH dan Mayoritas umat ISLAM(Tuhfatul Ahwadzi, lihat silsilah al hadits asshohihah).

Kalau mereka menyengaja utk berbuat salah (menentukan awal bulan tdk sesuai syar’i) maka itu dosa baginya BUKAN bagi rakyatnya.

Bila penguasa memiliki akhlaq yg tercela maka rosululloh bersabda:”Bencilah perbuatanya(ingkarilah perbuatanya itu ) dan jgn mencabut/meninggalkan ketaatan darinya”(H.R Muslim dari ‘auf bin malik)

Al imam albarbahari berkata: “Ketahuilah bahwa Kejahatan penguasa tidaklah menghapuskan kewajiban menaati mereka yang taat pada pemimpin telah Alloh wajibkan melalui lisan NabiNya.

4. Perkataan “umat muslim memang diwajibkan taat pada pemimpinnya (penguasa) SEPANJANG pemimpin tsb dlm ketaatan kpd Allah dan rasulNya.” ini antum ambil dari mana??? ini bertentangan dengan sabda Rosululloh di atas.

Utk masalah masa…lah ketaatan maka butuh perincian perincian antara lain:

– Bila penguasa memerintahkan utk bermaksiyat pada Alloh maka kita tdk boleh mentaatinya DALAM HAL TERSEBUT BUKAN TOTAL tetapi perlu dirinci, krna dlm hal-hal yg ma’ruf maka kita mentaatinya.

– Bila penguasa memutuskan/memerintahkan ssuatu yg merupakan wewenang penguasa dan mereka tlah berijtihad dgn sgala daya upaya dengan baik maka sesuai petunjuk rosululloh dan juga utk menghindari perpecahan di antara kaum muslimin maka kita mentaatinya. Misal penentuan awal bulan, ‘ied, puasa dll.

– Bila penguasa memiliki akhlaq yg tercela maka rosululloh bersabda:”Bencilah perbuatanya(ingkarilah perbuatanya itu ) dan jgn mencabut/meninggalkan ketaatan darinya”(H.R Muslim dari ‘auf bin malik)

Wallohua’lambisshowab. 

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda; Dan Silahkan Masukkan Komentar / Pertanyaan Anda Disini : Perhatikan adab berikut! Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya: “Sesungguhnya Allah meridhai kalian pada tiga perkara dan membenci kalian pada tiga perkara pula. Allah meridhai kalian bila kalian: (1) Hanya beribadah kepada Allah semata, (2) Dan tidak mempersekutukan-Nya, (3) Serta berpegang teguh pada tali (agama) Allah seluruhnya, dan janganlah kalian berpecah belah Dan Allah membenci kalian bila kalian: (1) Suka qiila wa qaala (berkata tanpa dasar), (2) Banyak bertanya (yang tidak berfaedah), (3) Menyia-nyiakan harta” (HR. Muslim no. 1715) Admin paviliyunkeluarga.wordpress.com berhak untuk tidak memunculkan komentar yang tidak sesuai dengan adab di atas. Perlu anda ketahui: Komentar yang anda kirimkan akan dimoderasi oleh admin terlebih dahulu. Komentar anda yang muncul setelah klik tombol "KIRIM" hanyalah sekedar preview yang hanya muncul di komputer yang anda pakai, namun sebenarnya belum muncul

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: